oleh

Study Banding ke Dewan Pers, PWI PALI dibekali profesionalisme.

JAKARTA – Guna merealisasikan program kerjanya di tahun 2019 ini Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Propinsi Sumatera Selatan pada 16-21 Maret 2019 melaksanakan study banding ke Dewan Pers di Jakarta.

Suasana pertemuan di gedung Dewan Pers (18/3)

Diterima di lantai VII gedung Kantor Dewan Pers oleh Komisioner Hendri CH Bangun, sebanyak 61 Pengurus dan Anggota PWI PALI didampingi 12 Pengurus dan anggota Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Kabupaten PALI yang dipimpin langsung oleh Ketua PWI PALI Adv. Nurul Fallah, SH sempat diberi pembekalan tentang kode etik dan sikap profesionalisme kewartawanan. Serta diskusi panjang baik mengenai kerangka hukum dunia jurnalistik Indonesia, maupun kejadian khusus ditengah masyarakat Pers.

Materi diawali dengan perkenalan, peranan dan fungsi kelembagaan Dewan Pers, pentingnya UKW dan verifikasi media, UU 40 Tahun 1999, lalu dilanjutkan dengan dialog .

Menurut Hendri Dewan Pers adalah Lembaga Negara sebagai perwujudan dari realisasi Undang Undang No.40 Tahun 1999.

“Dibentuknya lembaga ini sebagai implèmentasi independensi dan kebebasan pers di Indonesia. Adanya Undang Undang khusus yang mengatur kehidupan pers. Dimana UU 40 tahun 1999 ini merupakan satu-satunya produk Undang Undang yang tanpa turunan berupa Peraturan Pemerintah, Kepres, Permen dan seterusnya. Dan di bentuknya satu lembaga khusus yakni Dewan Pers guna menjamin kemerdekaan pers di negeri ini” demikian papar Hendri.

Pemberian cindera mata dari PWI PALI ke Dewan Pers

Tetapi agar tercipta kondisi pers yang sehat dan bertanggungjawab maka perlu adanya verifikasi terhadap media dan ujian kelayakan bagi seseorang untuk menyandang profesi kewartawanannya lewat Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

” Oleh sebab itu verifikasi terhadap media perlu dengan memenuhi syarat dan standar, begitupun terhadap rekan-rekan perlu adanya uji kelayakan agar menjadi wartawan yang peofesional” jelas Hendri lebih jauh.

Usai acara dilakukan tukar cindera mata, foto dan makan siang bersama* (team BP & JARWO)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed