oleh

HERI AMALINDO : MESKI ZONA HIJAU, TETAP JAGA PROTOKOL KESEHATAN

PALI – Dari Daftar 102 zona hijau yang disetujui Presiden Jokowi untuk terapkan new normal 1 Juni 2020, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir termasuk dalam kawasan zona hijau tersebut.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional Doni Monardo mengungkapkan Presiden Joko Widodo memerintahkan daerah yang masuk zona hijau menerapkan masa kenormalan baru atau new normal.

Kawasan zona hijau Covid-19 tersebut merupakan wilayah yang belum terdampak virus corona atau Covid-19.

“Kemarin tanggal 29 Mei 2020, Presiden Jokowi memerintahkan kepada Ketua Gugus Tugas untuk pemerintah kabupaten/ kota yang saat ini berada dalam zona hijau, dapat melaksanakan kegiatan masyarakat produktif dan aman Covid-19,” ujar Doni Monardo di Kantor BNPB, Jakarta, Sabtu (30/5/2020).

Meski begitu, Doni menegaskan agar new normal dijalani dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.
Menurutnya, masyarakat dan pemerintah daerah harus tetap mewaspadai penyebaran virus corona.

“Berdasarkan protokol kesehatan yang ketat dengan kehati-hatian serta tetap waspada terhadap Covid-19 dan seterusnya,” ucap Doni.

Selain itu, daerah tersebut juga diharuskan melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap masyarakatnya.

“Setiap daerah juga harus memperhatikan ketentuan tentang testing yang masih tracing, yang agresif, isolasi yang ketat, serta treatment yang dapat menyembuhkan pasien,” ujar Doni.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 telah membagi kategori daerah sesuai dengan tingkat risiko penyebaran virus corona.

Sementara itu, Pakar Informatika Penyakit Menular dan Epidemiologi pada Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah mengatakan ada 11 indikator untuk menentukan sebuah wilayah masuk zona hijau.Dari indikator tersebut saat ini ada 102 kabupaten kota yang masuk dalam zona hijau.

“Menggunakan indikator tersebut sudah terdapat 102 kabupaten kota yang tidak terdampak sampai dengan hari kemarin,” ujar Dewi di Kantor BNPB di Jakarta, Sabtu (30/5/2020).

Berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo, 102 kabupaten kota tersebut telah dapat menjalankan kehidupan kenormalan baru atau new normal.

Untuk Sumatera Selatan diantaranya adalah :
1. Kota Pagar Alam
2. Penukal Abab Lematang Ilir
3. Ogan Komering Ulu Selatan

Menyambut berita gembira tersebut, Pemerintah Kabupaten PALI, akan mengadakan rapat khusus Senin 1 Juni 2020 di kantor Bupati PALI guna membahas penerapan NEW NORMAL di Kabupaten PALI.

Rapat tersebut akan dipimpin langsung oleh Bupati PALI Ir.H. Heri Amalindo, MM. dan dihadiri perwakilan Stoke Holder Kabupaten PALI.

Dalam keterangan persnya, Ketua Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 Kabupaten PALI Junaidi Anwar, SE, menyampaikan kepada tim Media BERITA PALI dan Jaringan Warta Online bahwa rapat besok akan dihadiri oleh perwakilan seluruh stakeholder yang ada di Kabupaten PALI.

“Kita bersyukur bahwa Kabupaten Pali bersama 102 daerah lainnya sudah diperkenankan untuk melaksanakan kan NEW NORMAL. Di Sumsel hanya Kabupaten PALI, Pagaralam, dan Oku Selatan. Hal ini berkat kesigapan pemangku kepentingan dan partisipasi masyarakat dalam mencegah dan menanggulangi penyebaran virus Covid19 di Kabupaten PALI” demikian papar Junaidi.

Bupati PALI Ir. H. Heri Amalindo MM menyambut gembira Instruksi Presiden tersebut, Beliau menyampaikan bahwa semua ini adalah berkat kerjasama yang baik antara pemerintah dengan masyarakat Kabupaten PALI

” Ini semua adalah berkat kerja keras dan kebersamaan kita. Besok 1 Juni 2020 kita sudah bisa merasa lega, karena daerah kita sudah bisa menerapkan New Normal. Akan tetapi saya berpesan agar tetap menerapkan protokol kesehatan di dalam beraktivitas. Gunakan masker, jaga jarak, Cuci tangan pakai sabun, dan hindari kerumunan massa. Sebab coronavirus tersebut tidak bisa hilang seketika, dan kita harus membiasakan diri dengan pola hidup yang baru dengan tetap menjaga protokol kesehatan kapanpun dan dimanapun kita berada. Insys Allah, Rapat besok merupakan titik awal penerapan New Nornal di PALI” demikian urai Bupati yang religius ini.

Penulis : Tim BERITA PALI & JARINGAN WARTA ONLINE (JARWO)
Editor : NURUL
Foto : Ilustrasi (Bupati PALI saat pembagian bantuan sembako warga terdampak  COVID-19)
Sumber : Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten PALI

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed